27 January 2023 PPD

Sosialisasi Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) 2023 untuk Pemerintah Daerah Tingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota

Share on Facebook Share on Twitter

Sosialisasi Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) 2023 untuk Pemerintah Daerah Tingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota

Bintaro, Tangerang Selatan - Kementerian PPN/Bappenas, melalui Kedeputian Bidang Pemantauan, Evaluasi, dan Pengendalian Pembangunan menyelenggarakan evaluasi komprehensif dan kreatif terhadap Provinsi, Kabupaten, dan Kota melalui Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) yang kembali digelar pada tahun 2023. Penghargaan yang secara rutin diselenggarakan sejak tahun 2011 ini awalnya bernama Anugerah Pangripta Nusantara (APN) dan telah mengalami perkembangan dan perbaikan setiap tahun pelaksanaannya. Perubahan nama dari Anugerah Pangripta Nusantara (APN) menjadi Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) digunakan sejak tahun 2018.

Kegiatan yang dikoordinasikan pelaksanaannya oleh Direktorat Pemantauan, Evaluasi, dan Pengendalian Pembangunan Daerah (PEPPD) Kementerian PPN/Bappenas ini bertujuan untuk meningkatkan keterpaduan pelaksanaan pembangunan pusat dan daerah. Selain itu, penghargaan ini juga merupakan bentuk motivasi dan apresiasi kepada Pemerintah Daerah atas prestasinya dalam perencanaan dan pelaksanaan pembangunan.

Sosialisasi yang mengundang Bappeda ini dilaksanakan selama dua hari yaitu tanggal 12 Januari 2023 untuk tingkat provinsi secara hybrid dan tanggal 13 Januari 2023 untuk tingkat kabupaten dan kota secara daring. Sosialisasi ini dibuka oleh Deputi Pemantauan, Evaluasi dan Pengendalian Pembangunan (Deputi PEPP) Ir. Rudy S. Prawiradinata, MCRP, Ph.D. Sosialisasi PPD 2023 tingkat provinsi dilaksanakan secara luring di Hotel Santika Premiere Bintaro, sementara sosialisasi pemerintah daerah tingkat kabupaten/kota dilakukan secara daring melalui zoom.

Sambutan Pembuka oleh Deputi Bidang Pemantauan, Evaluasi, dan Pengendalian Pembangunan Kementerian PPN/Bappenas Ir. Rudy S. Prawiradinata, MCRP, Ph.D (dok.Dit.PEPPD, 2023)

Bapak Deputi Bidang Pemantauan, Evaluasi, dan Pengendalian Pembangunan Kementerian PPN/Bappenas dalam sambutannya menyampaikan bahwa “Manfaat penyelenggaraan PPD tidak hanya dirasakan oleh pemerintah pusat dan pemerintah daerah tetapi juga non pemerintah seperti akademisi, NGO, profesional dan masyarakat dalam pembangunan daerah”. Pasca PPD biasanya dilakukan kegiatan Knowledge Sharing Praktik-praktik Cerdas Pembangunan Daerah. Kegiatan ini adalah sarana berbagi pengalaman dan berdiskusi antara peserta PPD terkait perencanaan, pelaksanaan, dan inovasi pembangunan. Selain itu, terdapat pula pelaksanaan expo yang menampilkan program unggulan, produk unggulan, dan inovasi daerah, serta penulisan buku Knowledge Sharing praktik cerdas daerah yang dapat diakses publik pada website Direktorat PEPPD Kementerian PPN/Bappenas.

Paparan Informasi PPD 2023 oleh Direktur PEPPD Kementerian PPN/Bappenas dan Paparan Teknis PPD 2023 oleh Koordinator Wilayah I PEPPD (dok.Dit.PEPPD, 2023)

Melalui sosialisasi ini, disampaikan informasi umum dan teknis pelaksanaan PPD tahun 2023. Penghargaan Pembangunan Daerah dilaksanakan bukan semata-mata untuk melakukan penilaian yang membandingkan suatu daerah dengan daerah lain, namun melalui PPD ini diharapkan mampu mendorong dan memotivasi daerah agar terus memperbaiki perencanaan dan pelaksanaan pembangunan daerahnya. Pembelajaran baik yang diperoleh atau praktik-praktik cerdas pembangunan daerah nantinya dapat dibagikan kepada daerah lain melalui Knowledge Sharing pembangunan daerah, yang merupakan kegiatan lanjutan dari PPD, sebagai sarana berbagi inspirasi dari daerah-daerah terbaik penerima penghargaan kepada para pelaku pembangunan secara lebih luas.

Sesi Diskusi dan Tanya Jawab oleh Bappeda Provinsi (dok.Dit.PEPPD, 2023)

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, pada PPD tahun 2023, terdapat beberapa upaya peningkatan, diantaranya : (1) Additional Indicator for Local Content yaitu penambahan indikator local content terkait upaya pemerintah untuk meningkatkan penggunaan produk dalam negeri; (2) User Friendly Digital Evaluation System melalui penguatan sistem penilaian web-based untuk user pusat (TPI, TPU, dan TPT) dan user daerah (provinsi, kabupaten, dan kota) lebih user friendly; dan (3) Supporting Reference Document for Provincial Evaluation yaitu penguatan informasi daerah melalui dokumen suplemen untuk proses penilaian yang dilakukan pada level provinsi.

Sesi Foto Bersama Sosialisasi PPD Tahun 2023 bersama Bappeda Provinsi secara Luring (dok.Dit.PEPPD, 2023)

Antusiasme yang luar biasa dari pemerintah daerah untuk mengikuti sosialisasi PPD 2023 ini cukup tinggi. Peserta sosialisasi dari Bappeda Provinsi, sebagian besar hadir secara luring. Sementara itu, peserta yang hadir secara daring melalui zoom mencapai sekitar 200 partisipan. Antusiasme yang luar biasa juga ditunjukkan oleh Bappeda pemerintah daerah kabupaten/kota yang mengikuti sosialisasi PPD 2023 secara daring melalui zoom, dengan peserta tercatat lebih dari 900 partisipan. Pada sesi diskusi dan tanya jawab, Bappeda pemerintah provinsi maupun kabupaten/kota sangat aktif dan antusias untuk bertanya, memastikan informasi, dan memberikan masukan terhadap pelaksanaan PPD 2023. (*PEPPD2023)

Sesi Foto Bersama Sosialisasi PPD Tahun 2023 bersama Bappeda Kabupaten/Kota secara daring (dok.Dit.PEPPD, 2023)


Artikel Terkait