19 May 2023 PPD

Expo Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) 2023

Share on Facebook Share on Twitter

Expo Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) 2023

Kementerian PPN/Bappenas menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) Rencana Kerja Pemerintah (RKP) 2024 yang disertai juga dengan Peluncuran Proyeksi Penduduk 2020-2050 di Jakarta Convention Center pada 16 Mei 2023. Acara ini dihadiri langsung oleh Wakil Presiden RI Bapak K.H. Ma'ruf Amin dan Menteri PPN/Kepala Bappenas Bapak Suharso Monoarfa. Pada kesempatan tersebut, turut diumumkan daerah-daerah terbaik Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) atas prestasinya dalam penyusunan perencanaan berkualitas, pencapaian, serta inovasi pembangunan tingkat provinsi, kabupaten, dan kota. Provinsi terbaik pertama diraih oleh Provinsi Jawa Tengah, provinsi terbaik kedua diraih oleh Provinsi Sumatera Selatan, dan provinsi terbaik ketiga diraih oleh Provinsi Jawa Barat. Pada tingkat kabupaten, terpilih sebagai terbaik pertama adalah Kabupaten Temanggung, diikuti Kabupaten Aceh Barat sebagai terbaik kedua, dan kabupaten terbaik ketiga secara nasional adalah Kabupaten Garut. Di tingkat kota, kategori terbaik pertama yaitu Kota Sukabumi, kota terbaik kedua diraih oleh Kota Palu, dan kota terbaik ketiga menjadi milik Kota Semarang.

Gambar 1. Suasana PPD Expo 2023 di Jakarta Convention Center

Musrenbangnas RKP 2024 semakin semarak dengan adanya expo 12 provinsi, 12 kabupaten, dan 10 kota yang merupakan daerah shortlist PPD 2023. Expo PPD 2023 juga diramaikan oleh Kabupaten Madiun sebagai penerima penghargaan khusus Inovasi Pembiayaan Alternatif, Pusat Data dan Informasi Perencanaan Pembangunan (Pusdatinrenbang), dan Koperasi Kementerian PPN/Bappenas. Seluruh daerah menunjukkan antusiasme dan semangat yang tinggi dalam memamerkan inovasi daerah, karya serta produk unggulan yang dikemas dengan sangat menarik. Berbagai produk mulai dari kopi, makanan ringan, kain, kerajinan tangan, sepeda bambu, hingga inovasi berbasis aplikasi dan tes kesehatan menjadi daya tarik tersendiri bagi peserta dan undangan. Booth Pusdatinrenbang dan PPD Hub juga tak kalah menarik perhatian yang menyediakan fasilitas coaching clinic.

Gambar 2. Suasana booth PPD, Pusbindiklatren, dan Koperasi Bappenas

Gambar 3. PPD Hub dan Pusbindiklatren membuka coaching clinic

Menteri PPN/Kepala Bappenas Bapak Suharso Monoarfa mengunjungi setiap booth daerah dan berdiskusi mengenai inovasi dan produk unggulan yang dipamerkan. Expo PPD 2023 juga menjadi ajang untuk bertukar informasi dan praktik cerdas antar daerah untuk menjadi motivasi dan semangat melakukan perencanaan, pembangunan dan inovasi yang lebih baik (*PEPPD 2023).

Gambar 4. Bapak Menteri Suharso Monoarfa Menjajal Hasil Sekolah Kopi Kabupaten Lampung Barat

Gambar 5. Bapak Menteri bersama Bupati Kabupaten Kepulauan Sitaro Evangelin Sasingen dengan Produk Unggulan Pala


Artikel Terkait